News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

TNI dan AS Gelar Latma Gema Bhakti 2020 Secara Virtual

TNI dan AS Gelar Latma Gema Bhakti 2020 Secara Virtual

  TNI dan AS Gelar Latma Gema Bhakti 2020 Secara Virtual

KAKILIMO.NEWS ■  Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan United State Indo Pacific Command (U.S. INDOPACOM) melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Table Top Exercise (TTX) Gema Bhakti 2020 secara virtual.

Latihan bersama TTX Gema Bhakti 2020 diikuti oleh 40 prajurit TNI yang berlangsung selama empat hari kedepan bertempat di Ballroom Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta. Latihan tersebut dibuka secara virtual oleh Waasops Panglima TNI Marsma TNI Jorry S. Koloay dari Markas Besar TNI, Cilangkap, Selasa (25/8/2020).

Dalam sambutannya, Waasops Panglima TNI mengatakan bahwa Latma Gema Bhakti 2020 merupakan upaya untuk menjaga hubungan kerjasama Indonesia dengan Amerika. Gema Bhakti tahun ini dilaksanakan dalam situasi pandemi dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan. Meskipun secara virtual, latihan ini diharapkan dapat berjalan lancar sehingga mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan pemahaman materi yang dibahas bersama.

Sementara itu, dalam waktu yang bersamaan dan tempat terpisah, latihan Gema Bhakti 2020 diikuti oleh 40 tentara United State Indo Pacific Command (U.S. INDOPACOM) dan dibuka oleh Director Joint Staff, Joint Force Headquarter (JFHQ) Hawaiian National Guard (HING) Brigjen Moses Kaoiwi, JR di Hawai.

Brigjen Moses Kaoiwi Dalam sambutannya mengatakan, Latihan Gema Bhakti telah berlangsung sejak 2013 hingga sekarang. Meskipun dalam situasi pandemi Covid 19 tidak menghalangi upaya kedua negara untuk melaksanakan latihan bersama Gema Bhakti 2020 secara virtual.

Situasi pandemi tersebut dijadikan momentum untuk saling memperkuat hubungan bilateral kedua negara. Melalui Latma ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, mekanisme kontigensi dan interopabilitas dalam menangani pandemi global melalui operasi-operasi kemanusiaan multinasional.

Kegiatan TTX Gema Bhakti 2020 dilaksanakan secara virtual interaktif tentang bagaimana TNI-AS menyelenggarakan Operasi Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana dalam masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini terbagi dalam sesi akademis dan sesi TTX. Para peserta latihan akan melaksanakan diskusi terfasilitasi dan dilanjutkan dengan presentasi yang membahas tentang dua fase utama yaitu pre-deployment dan deployment.

Hadir dalam acara ini Head Of Delegation (HoD) kedua negara Paban VII/ Latma Sops TNI Kol Inf Dr. Triadi Murwanto, S.E, M.M. dan Atase Udara US ODC COL. Brian McCullogh serta dua orang narasumber Indonesian Response on Covid 19 yaitu Kolonel Inf Kristomei Sianturi dan Kolonel Laut (K) dr. Suswardana, M. Kes, Sp. KK, FINSDV. (R-01)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar