News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

3) ONTOLOGI POLITIK RIZA FALEPI : PAYAKUMBUH KOTA SEMARAK PEMBANGUNAN

3) ONTOLOGI POLITIK RIZA FALEPI : PAYAKUMBUH KOTA SEMARAK PEMBANGUNAN

 



Catatan: Pinto Janir (Sastrawan)

 

 

Ia sangat memerhatikan pembangunan di ruang publik. Riza tampaknya ingin menjadikan kotanya sebagai kota penuh bahagia. Kota sehat. Kota kuat. Ia targetkan untuk membangun prasarana olahraga di tiap kecamatan. Bagi Riza, prestasi harus menjadi ikon bagi masyarakat kota Payakumbuh.

 

“Olahraga membuat kita sehat. Kalau badan sehat, jiwa dan raga kuat. Dalam jiwa dan raga kuat, semangat menyala dalam pikiran yang jernih dan hati yang bersih. Hati yang lapang dan bahagia adalah salah satu pengundang rezeki. Masyarakat tak boleh sedih. Tak boleh cemas berlebihan. Tak boleh khawatir yang berlarut-larut. Kota ini harus ditata dengan pikiran jernih dan hati yang bersih. Hidup harus optimis !” begitu suatu hari Riza berkata.

Saat ini pemerintah kota Payakumbuh  telah membangun gedung prasarana olahraga di Kecamatan Payakumbuh Utara persis di dekat sentra IKM Randang Payakumbuh.

Gedung tersebut dibangun di tanah seluas 1,5 hektare dengan anggaran  Rp4,5 milliar .

 

Riza merencanakan  juga akan membangun prasarana olahraga di Kecamatan Payakumbuh Timur dan Payakumbuh Utara.

Tidak hanya di setiap kecamatan, Pemkot Payakumbuh juga tengah menyiapkan Gedung Olahraga (GOR) untuk tingkat kota. Namun, penyelesaian dari GOR tersebut harus tertunda karena banyaknya anggaran yang direfokusing karena COVID-19. "Selain di kecamatan, kami juga siapkan untuk tingkat kota Kami juga telah membangun GOR di dekat kawasan sungai Batang Agam, tepatnya di Tanjung Pauh, Payakumbuh Barat”, ujar Riza.

 

Target,  GOR tersebut dapat diselesaikan pada 2021 dengan memanfaatkan sisa DAK 2019 dan APBD Kota Payakumbuh.

 

Jadilah, Payakumbuh sebagai  “Kota Olahraga” dan kota Bahagia...

 

Pada tahun 2019  Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Kota Payakumbuh masuk ke dalam nominasi 10 besar kotamadya terbaik di tingkat Nasional.

 

Ada beberapa mega proyek di kota Payakumbuh. Mulai dari stadion, GOR, dan pembangunan Masjid Raya dan pembangunan jalan dan irigasi yang menyikapi masukan dari beberapa petani yang mengeluh terkait pupuk dan susahnya akses air untuk sawah dan ladang. Riza sangat mendengar rintihan masyarakatnya.

 

Ia membangun jalan, jembatan, masjid, sarana olahraga, taman kota. Lihatlah betapa penuh bahagianya Riza ketika meninjau lokasi rencana pembangunan Jembatan Sutomo, di Taruko tembus ke Tiaka.   

 

Guna mengantisipasi banjir,   Sungai Tembok Jua di lingkungan Payolinyam dibangun tembok di sisi sungai itu. Bahkan Pemerintah kota juga membangun jalan usaha tani di kawasan ini.

Kota Payakumbuh semarak pembangunan, itu sebuah keniscayaan yang tak terbantahkan. Memberikan kenyamanan layanan untuk masyarakat, dibangun pula kantor baru Camat Payakumbuh Utara dan pembangunan bahu jalan Khatib Sulaiman dan pembangunan Embung Bulakan.

 

Luar biasa. (Bersambung)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar