News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

5) NARASI HEY DI BILIK PIKIRAN : HEY HIDUP UNTUK ORANG BANYAK !

5) NARASI HEY DI BILIK PIKIRAN : HEY HIDUP UNTUK ORANG BANYAK !


                         Walikota Riza Falepi dan Wakil Walikota Payakumbuh H Erwin Yunaz (HEY)


Catatan: Pinto Janir (Sastrawan)


"Karatau madang di hulu

Babuah babungo balun

Marantau bujang dahulu

Di rumah baguno balun"

Cukup lama HEY (Haji Erwin Yunaz) meninggalkan kampung halaman. Ia sudah berkelana ke sana kemari ke berbagai belahan dunia. Rasa rindu pada kampung halaman tak terbendung pula. Ketika bekerja di perusahaan asing, HEY sulit mencari waktu untuk mengobati rindu ke kampung halaman. Sejak, tahun 2008, sejak mendirikan perusahaan sendiri, kini HEY yang mengatur waktu. Ia tak lagi diatur oleh waktu bekerja. 

Sejak itu pula HEY rajin pulang kampung. Ia bersilaturahmi dengan sanak keluarga. Bersilaturahmi dengan kawan-kawan lama. Bersilaturahmi dengan orang kampungnya. Tiap sudut nagari di Payakumbuh kampung halamannya, adalah pikirannya. Ia melihat.Ia menyimak. Ia mendengar. Dan satu persatu ia melahirkan gagasan-gagasan untuk membangun kampung. Ia membangun ruang pikiran dan kecerdasan serta ketaqwaan. 

Ia mulai dari hal yang kecil,sederhana dan dekat. Ia bina Taman pendikan Alquran di masjid dekat rumahnya. HEY mendata semua TPA di kota Payakumbuh, ada sekitar 118 TPA. Pergerakan senyap. Hampir tak terberitakan. Ia bantu pengembangan TPA dengan penyaluran dana dan gagasan kemajuan. 

Ketika ia melihat lahan pertanian, ia bantu penyediaan bibit padi unggul.Ketika ia mendapati suasana petani susah pupuk atau harga pupuk yang tak terbeli, ia bantu para petani dengan pupuk. Ia bina para peternak ayam. 

HEY tak ingin “hidup sendiri”. Yang HEY inginkan adalah “hidup untuk kemanfaatan orang banyak”. Ini sesuai dengan pesan sang ayah. “ Jadilah insan yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat!”.

Ia perdekat jarak dengan orang kampung halamannya. Dari Surabaya ia pindah ke Jakarta, biar jarak tempuh ke kampung halaman semakin dekat.  

Sekalipun sibuk mengurus perusahaan sendiri, namun HEY tetap membangi waktu untuk kehidupan sosial.  HEY aktif  di berbagai organisasi persatuan keluarga, alumni sekolah, keagamaan dan lainnya. 

HEY menjadi Pengurus IKAFLAS (Ikatan Keluarga Kampus Flamboyan) wadah persatuan alumni lulusan SMA Negeri 2 Payakumbuh. HEY Pendiri dan Ketua Yayasan Amal Bhakti Rankminang, yayasan yang bergerak untuk sosial keagamaan & pendidikan di ranah minang. HEY menggerakkan generasi muda Minangkabau untuk bersama-sama berjuang mensyiarkan agama Allah, khususnya di kalangan pelajar. HEY memberikan perhatian ekstra untuk kesejahteraan guru-guru mengaji dan penyelenggara masjid.

HEY Pendiri dan Ketua Yayasan Darma Bhakti Rankminang yang menggandeng Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Sosial SAHID JAYA mendirikan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) SAHID Payakumbuh.HEY Pengurus dan anggota Pengajian Bintaro warga Sariek Laweh di Jakarta.

Pikiran untuk orang banyak.Perbuatan  kebaikan untuk umat. Pikiran dan gagasan hidup untuk kemajuan nagari membuat HEY lekat dan dekat di hati para muda,ulama, ninik mamak, cadiak pandai, bundo kanduang , pemuka masyarakat , khususnya kota Payakumbuh. 

Nama HEY makin dikenal. Makin wangi. Makin di hati. 

Hingga pada akhirnya, sejumlah tokoh dan pemuka, cadiak pandai, ulama dan bundo kanduang meminta kesediaan HEY untuk menjadi pendamping Riza Falepi melanjutkan kepemimpinan di periode kedua jabatan walikota Payakumbuh. 

Alhasil, pasangan Riza Falepi dan H Erwin Yunaz memenangkan pilkada Payakumbuh . Sejak 23 September 2017 , HEY mendamping  walikota Riza Falepi. 

Perjalanan hidup HEY lurus dan jelas. Selurus hatinya, sejelas pikirannya. Ia terasah dan teruji di ruang waktu dan kehidupan.  Sukses hidupnya karena tempaan. Bukan karena orang tua yang kaya raya. Bukan dikarbit. Bukan dadakan. Bukan “anak manja” atau “anak papa” yang mendadak jadi pemimpin. 

Ia terasah dalam pergaulan. Ia pintar membangun jaringan. Ia tak gagap sosial. Tak kuncun selepas “BIM” tak akuk pula selepas halaman rumah gadang. 

Saya banyak belajar dari HEY !

Salam literasi di ruang kecerdasan hati !


Bukittinggi 11012021


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

1 komentar:

  1. HEY tokoh yang cerdas dalam bertindak, bijak dalam bersikap dan santun dalam bertutur

    BalasHapus